Sabtu, 09 Desember 2017

Assalamu’alaikum Wr. Wb . . .
Pada kesempatan yang indah ini saya akan membahas bagaimana cara mengakses routerboard mikrotik. . . mungkin ada orang yang hanya tau cara meremote mikrotik menggunakan winbox. Padahal masih banyak cara untuk meremote RouterBoard. . apa saja ? ? ada WebFig , SSH, telnet, dan tentunya Winbox.

Untuk meremote kita harus tau dulu settingan default dari pabrik . Pada Routerboard (RB) baru atau setelah dilakukan reset default configurastion, router akan memiliki konfigurasi default dari pabrikannya yaitu :
IP Address : 192.168.88.1

User Login : Admin
Password : (kosong)

Baik lahh. . . Untuk meremote routerboard tersebut kita harus menyamakan network ip laptop kita dengan routerboard dengan mengatur ip address pada laptop kita dengan IP 192.168.88.0/24. Kalo sudah satu network saya akan mulai meremote RouterBoard
  •  WebFig

WebFig adalah singkatan dari Web Konfiguration. Cara meremote Routerboard lewat webfig hanya tinggal memasukan IP routerboard.
 Tampilan pertama adalah seperti gambar diatas. . untuk login tinggal isi user “admin” dan pasword “kosong”.  Setelah login tampilan defaultnya seperti ini.

  • Cara yang selanjutnya pake telnet . telnet ada pada port 23. Tampilanya jelas CLI (comand line interface) caranya tinggal masuk ke cmd lalu ketikan telnet (IP RB)
         Lalu masukan user dan passwordnya. Jika sudah tapmilanya akan seperti ini
  • SSH
Cara yang ke 3 adalah menggunakan SSH. Secure Shell (SSH) bekerja pada port 22. Cara ini hampir sama dengan cara ke 2, namun cara ini lebih aman dari telnet, karena adanya proses Enkripsi data. Kalo mau pake cara ini harus pake aplikasi putty. Bisa didownload di http://www.putty.org/.
Untuk mengakses RB tinggal masukan IP RB.
Setelah itu klik open , lalu masukan user. . maka tampilannya akan seperti ini.hampir sama dengan telnet.
  •  Cara yang terahir yaitu pake winbox.
 Cara ini paling familiar karena sangat mudah dan juga berbagsis GUI, jadi tidak membosankan. WinBox iniberjalan di Port 8291. Untuk mendapatkan WinBox kita bisa download di WebFig yang sebelumnya dibahas, tinggal klik saja gambar winbox-nya atau bisa juga dengan mendownload di situs resmi MikroTik yaitu di www.Mikrotik.com/download

Remote via winbox bisa menggunakan ip address router ataupun mac address router.
 Jika sudah tinggal klik connect
Winbox juga menyediakn fitur CLI. (Terminal), jadi kalau nanti bosen pakai fitur GUInya bisa menggunakan fitur CLI nya.

Okee. .  sekian dulu pembahasan kali ini. . sebenarnya ada cara 1 lagi , yakni menggunakan console. Namun alat saya tidak memadai . . mohon maaf bila ada kekurangan Wassalamu’alaikum Wr. Wb . . . . .









Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!